Survey merupakan metode pengumpulan data secara primer di lapangan. 

1.    GNSS/GPS Geodetik

GNSS geodetik merupakan alat survey yang wajib dimiliki untuk berbagai penggunaan yang memerlukan ketelitian di bawah 1 meter (sub meter) bahkan hingga 1 cm sekalipun. ARDIKARYA memiliki 3 (tiga) buah GNSS Geodetik merk EFIX yang dilengkapi dengan fitur-fitur terbaru seperti tilt compensation. 

Salah satu dari unit GNSS dapat dijadikan sebagai base dan yang lainnya sebagai rover. Untuk kebutuhan pengukuran real time kinematic, maka unit GNSS sudah dilengkapi dengan alat internal radio yang dapat digunakan untuk pengukuran dengna jarak dari base hingga 5 km. Untuk pengukuran yang lebih luas/jauh dapat dipasang radio eksternal yang dapat memperluas jangkauan radio koreksi hingga 20 km.

2.    Total Station gowin TKS 202N

Total Station yang kami miliki bermerk GOWIN yang dilengkapi dengan pengukur jarak tipe laser. Total Station ini sangat produktif untuk melaksanakan pengukuran secara cepat dan akurat pada areal yang tidak terlalu luas.

Total Station terdiri dari dua unit, yaitu 1 unit total station itu sendiri sebagai alat pengukuran dan 1 unit prisma pantul laser.

3.    Unmanned Aerial Vehicle / UAV atau Drone 

Drone yang kami gunakan adalah seri terbaru dari DJI Enterprise dengan battery cadangan yang cukup sehingga tidak ada kendala pengambilan citra drone dikarenakan battery habis. Ketersediaan drone dipadukan dengan metode pengukuran yang efektif dan efisien dapat menghasilkan output yang presisi dan sesuai dengan kebutuhan, baik untuk pemandangan (tilted), citra orthogonal, model 3D, atau hingga penghitungan volume ore, timbunan, ataupun cutting. 

4.    GPS Navigasi

GPS navigasi merek Trimble GeoXH 8000 dan Garmin 64S masih digunakan untuk menuju lokasi (navigasi) secara cepat. Meskipun pada kebanyakan penggunaan tidak dipergunakan untuk pengukuran posisi ataupun pelacakan (stake out).

5.    Alat Pengukur Jarak Laser

Alat pengukur jarak tipe laser dapat dipergunakan untuk mengukur jarak suatu benda (pohon, bebatuan, dsb) dari jarak 100m. Alat ukur ini sering kita gunakan untuk survey tegakan (pohon) atau inventarisasi tegakan sebelum penebangan (ITSP). Alat ini sangat mempermudah penentuan posisi pohon di lapangan untuk meningkatkan akurasi survey.

6.    Mobile Mapping

Mobile mapping merupakan app di perangkat mobile (HP) yang mendukung survey. Kami menggunakan Avenza PDF dan AlvineQuest GPS. Fungsi dari mobile mapping adalah untuk navigasi menuju lokasi survey ataupun penggunaan yang tidak memerlukan akurasi tinggi.

7.    Radio Handy Talky (HT)

HT tidak merupakan alat ukur langsung di lapangan, tetapi untuk keperluan survey HT merupakan alat yang esensial. 

8.    Computer dan Software

Salah satu keunggulan kami adalah ketersediaan perangkat komputasi baik berupa software maupun hardware yang mendukung kegiatan survey. ArcGIS Pro, ArcMap, QGIS, Eoffice, Agisoft Metashape Trimble Business Center dan sebagainya adalah deretan perangkat lunak yang kami gunakan untuk merancang, mengolah, menganalisi sdan menyajikan hasil survey. Untuk kepentingan komputasi yang mumpuni kami menggunakan 2 (dua) buah laptop Asus ROG terbaru dengan memory dan Graphic yang handal ditampah 2 buah laptop biasa untuk pekerjaan administrasi dan pelaporan.